Kamis, 23 September 2010

Promosi Blog

Punya Blog? So What?

 

Apakah Anda sudah punya blog? Lalu bagaimana? Tergantung tujuan Anda, jika tujuan Anda membuat blog hanya untuk mencurahkan isi hati dan pikiran tanpa perlu diketahui oleh orang lain, maka sudah punya blog Anda tinggal menggunakannya untuk menulis.

Beda lagi jika tujuan blog Anda ingin diketahui oleh banyak orang, misalnya blog untuk menjual produk, menjual jasa, menjual diri (yang positif maksudnya), atau berdakwah, maka blog Anda harus dipromosikan. Jika tidak, maka tidak akan Anda orang yang mengunjungi blog Anda atau sedikit sekali.

Pada lensa kali ini, akan saya tunjukan cara-cara promosi blog terbaik. Silahkan simak.

 

Blog Wordpress 

Blog Terbaik dan Terfavorit

Pada lensa ini saya akan fokuskan untuk membahas bagaimana cara mempromosikan blog wordpress yang diinstall di hosting sendiri. Blog wordpress yang diinstall pada hosting sendiri memiliki keunggulan yang banyak sekali, selain krebilitas karena menggunakan hosting berbayar, yang terpenting adalah Anda memiliki keleluasaan untuk mengubah dan memodifikasi hosting.

Cara menginstallnya sangat mudah, bahkan sekarang banyak penyedia hosting yang menawarkan paket wordpress dengan harga cukup murah. Anda tinggal pesan saja dan minta diinstallkan wordpress pada hosting Anda. Kalau pun Anda mau belajar sendiri cara menginstall, mudah sekali sebab kebanyakan penyedia hosting sudah menyiapkan fantastico untuk meninstall wordpress dengan mudah.

Keunggulan lain dari wordpress ialah banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk memperkaya fungsi blog Anda. Dan juga, banyak pilihan tampilan yang disebut dengan theme, sehingga Anda bisa memilih tampilan yang sangat bervariasi mulai dari bayar sampai yang gratis.

Saya sendiri menggunakan wordpress sebagai strategi tidak terpisahkan untuk menjual produk dan jasa saya, salah satunya cara untuk menjual ebook. pembahasannya secara lengkap bisa Anda baca di Usaha terbaik. Saya mendapatkan kunjungan gratis dalam jumlah banyak setiap harinya. Saat lensa ini dibuat, sudah mencapai 2.500 kunjungan per hari.

Jadi, kemampuan Anda mempromosikan wordpress bisa menjadi bekal berharga bagi Anda untuk bisnis apa pun.

 

Promosi dan Pemasaran 

Promosi tidak bisa lepas dari pemasaran.

Promosi sebenarnya hanya bagian dari pemasaran. Jadi sebelum kita melakukan promosi seharusnya kita memperhatikan aspek pemasaran lainnya.

Langkah pertama ialah menentukan strategi blog Anda. Strategi adlah positioning blog Anda. Untuk siapa blog Anda dibuat? Jika blog Anda untuk bisnis, maka blog Anda dibuat untuk target pasar Anda. Jadi sebelum kita membuat blog, harus tahu siapa target pasar kita. Bagaimana cara menentukan target pasar? Tentu sebelumnya kita harus melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar ialah cara melihat pasar atau membagi-bagi pasar secara kreatif ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan tertentu. Memilih satu kelompok inilah yang disebut dengan targeting.

Sekarang Anda sudah mengetahui siapa target pasar Anda, maka Anda memposisikan blog Anda sehingga sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda. Mudah bukan?

Sudah bisa promosi? Sabar.... Sebelum promosi, setidaknya ada dua hal yang menurut saya penting disiapkan. Yang pertama adalah merk. Setidaknya ada nama yang akan diusung, kalau tidak mau promosi apa? Setelah punya nama, selanjutanya melakukan differensiasi, apa yang membedakan blog Anda dengan blog orang lain? Inilah yang akan memberikan alasan mengapa orang lain mengunjungi blog Anda, bukan punya orang lain.

 

Cara Promosi 

Kumpulan Taktik Promosi Teruji

Sebenarnya cara promosi itu banyak sekali. Bisa ratusan teknik. Berikut adalah daftar teknik-teknik promosi yang paling banyak dilakukan karena keefektifannya.
  1. SEO. Menurut saya, jika strategi Anda sudah benar, maka SEO menjadi cara promosi yang terbaik. SEO adalah optimasi blog Anda untuk search engine. Tujuannya agar blog Anda mudah dicari melalui search engine. Sekali blog Anda mudah dicari, maka akan banyak pengunjung yang datang tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.
  2. RSS. Ini adalah cara sindikasi isi blog Anda. Anda bisa memasukan blog Anda ke RSS aggregator khusus blog. Sangat banyak pilihannya. Semakin baik akan semakin bagus karena semakin besar kemungkinannya untuk dibaca oleh orang lain. Silahkan cari di google, banyak sekali. Setidaknya, masukan RSS blog Anda di MyYahoo dan Google reader.
  3. Blog Commenting. Anda bisa memberikan komentar di blog orang lain. Biasanya Anda harus mengisi data web, sehingga Anda bisa memasukan alamat blog Anda di blog orang lain. Ada 2 tujuan, yang pertama dapat pengunjung langsung dari yang mengklik link Anda. Yang kedua adalah untuk optimasi SEO jika blog yang Anda komentari mengaktifkan dofollow.
  4. Mengintegrasikan dengan Social network. Saya sendiri mengitegrasikan dengan Twitter dan Facebook. Akan banyak membantu apalagi jika Anda punya banyak teman atau penggemar atau follower twitter.
  5. Siganture File. Anda bisa membuat signature yang memuat alamat blog Anda. Gunakan saat Anda mengirim email di Mailing List atau Forum.
  6. Article Marketing. Banyak website lain yang menerima artikel dari luar dan juga direktori artikel. Jadi selain menulis artikel untuk blog sendiri, buat juga artikel untuk orang lain atau untuk direktori artikel. Anda bisa memuat link pada Resource Box artikel Anda.
  7. Press release. Anda bisa merilis berita. Banyak situs yang menyediakan PR secara gratis, manfaatkan saja untuk menambah link balik Anda. Katanya, lumayan efektif.
  8. Tukar Link. Anda bisa menukar link dengan blogger lain, sehingga akan menjadi pengunjung. Tetapi Anda harus realistis saat mau tukar link. Jangan mau enak sendiri, yang hanya menerima kunjungan tanpa memberi kunjungan.
  9. Pasang Iklan Berbayar. Iklan berbayar termasuk cara cepat untuk mendatangkan pengunjung. Bisa pasang iklan PPC atau bulanan, terserah Anda.
  10. Dan masih banyak cara promosi lainnya.

 

Cara Promosi Terbaik 

Gratis dan Blog Anda yang Dicari

Dari pengalaman saya, cara promosi terbaik adalah dengan optimasi search engine atau SEO. Mengapa?

Pertama Anda akan mendapatkan pengunjung gratis dari search engine. Anda tidak perlu membayar goole untuk menampilkan situs Anda di hasil pencarian. Salam website Anda sudah teroptimasi, maka blog Anda akan muncul dibarisan awal pencarian. Selanjutnya, bagaimana agar blog Anda yang di klik oleh pengunjung.

Kedua, pengunjung yang mencari blog Anda. Artinya bisa berjalan secara pasif.

Saya sudah merasakan manfaat SEO ini, ada ribuan pengunjung datang ke blog saya tanpa saya undang. Saya tidak membayar google sebab blog saya sudah teroptimasi.

Mau?

 

Dapatkan Puluhan Ribu Pengunjung


Rahasia SEO Terbesar

0 komentar: